RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
: SMP
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS /
SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN
KE : 1-2
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya
seni rupa.
KOMPETENSI DASAR :
1.1 Mengidentifikasi jenis karya
seni rupa terapan nusantara.
INDIKATOR :
1. Mendefinisikan konsep seni rupa terapan
nusantara.
2. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa
terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi,
dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2.
Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi,
dan makna karya seni
rupa
terapan nusantara.
B.
MATERI AJAR
1. Pengertian
seni rupa terapan nusantara.
2. Jenis
karya seni rupa terapan nusantara.
3.
Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa
terapan nusantara.
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : observasi,
diskusi, tanya jawab.
D.
LANGKAH
KEGIATAN
a. Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Motivasi dan apersepsi.
b. Kegiatan
Inti
·
Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan
nusantara.
·
Membaca referensi tentang seni rupa terapan
nusantara.
·
Mengkaji keragaman bentuk seni rupa terapan
nusantara
c. Penutup
·
Membuat kesimpulan materi pembelajaran
E.
SUMBER
BELAJAR
-
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
Penerbit Erlangga
-
Laptop dan LCD proyektor
F.
PENILAIAN
·
Teknik :
Tes tertulis
·
Bentuk instrumen :
Uraian
·
Instrumen penilaian
1.
Jelaskan pengertian seni rupa terapan nusantara!
2. Sebutkan jenis-jenis
karya seni rupa terapan!
3.
Jelaskan teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa
nusantara!
Guru
Pamong Guru PPL
Ermayuli
Nip:19810312200801015
Mengetahui
Kepala sekolah
Dra.Zuraida
Nip:196807241998022001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
: SMP
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS /
SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN
KE : 3-4
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya
seni rupa.
KOMPETENSI
DASAR : 1.2 Menampilkan sikap
apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan
teknik karya seni rupa terapan
nusantara.
INDIKATOR :
1.
Membuat ulasan tertulis tentang keunikan
gagasan, teknik pembuatan, fungsi, dan makna
karya seni rupa terapan nusantara.
2. Membuat kliping gambar karya seni rupa
terapan nusantara.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Membuat
ulasan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan,
fungsi,
dan makna karya seni rupa terapan
nusantara.
2.
Membuat kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara.
B. MATERI AJAR
·
Nilai estetis dan praktis karya seni rupa
terapan nusantara.
·
Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
·
Makna
karya seni rupa terapan nusantara.
·
Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara.
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : diskusi, tanya
jawab, penugasan .
D. LANGKAH KEGIATAN
a.
Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Motivasi dan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
- Membaca referensi tentang nilai seni rupa nusantara.
- Melihat tayangan proses pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
- rupa terapan nusantara
- Diskusi keragaman jenis, bentuk, makna, fungsi karya seni rupa.
c.
Penutup
·
Membuat kesimpulan
E. SUMBER BELAJAR
- Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
- Gambar karya seni rupa nusantara
F. PENILAIAN
·
Teknik :
Tes unjuk kerja
·
Bentuk instrumen :
Uji produk
·
Instrumen :
1.
Buatlah ulasan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan,
fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara!
2.
Buatlah kliping gambar karya seni rupa terapan
nusantara!
Guru
Pamong Guru PPL
Ermayuli Husnul
khatimi
Nip:1980312200801015
Mengetahui
Kepala sekolah
Dra.Zuraida
Nip:196807241998022001
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SEKOLAH
: SMP
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS /
SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN
KE : 5-6
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri
melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI
DASAR : 2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan nusantara
INDIKATOR :
1.
Mendiskripsikan konsep batik.
2. Membuat desain pola batik berdasarkan
corak ragam hias
nusantara.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.
Mendiskripsikan
konsep batik.
2.
Membuat
desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara
B. MATERI AJAR
·
Konsep
batik
·
Menggambar
desain ragam hias untuk pola batik.
C. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab,
Demonstrasi, Pemberian tugas.
D. LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.
b.
Kegiatan Inti
·
Membaca
referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
·
Melihat
tayangan gambar batik.
·
Menggambar
desain ragam hias untuk pola batik
c. Kegiatan akhir
·
Menyimpulkan materi pembelajaran
E. ALAT / SUMBER
BELAJAR
·
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
Penerbit Erlangga
·
Media
elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Teknik : Tes tulis dan
tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Uraian dan uji produk
Instrumen :
- Jelaskan konsep batik!
- Buatlah desain pola batik untuk taplak berdasarkan ragam hias nusantara di atas kertas gambar!
Contoh lembar penilaian hasil
karya seni rupa
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|
|
|
|
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
Teknik /bentuk
|
|
|
|
|
|
Karakteristik
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Guru Pamong Guru PPL
Ermayuli Husnul khatimi
Nip:19810312200801015
Mengetahui
Kepala sekolah
Dra.Zuraida
Nip:196807241998022001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
: SMP
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS /
SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN
KE : 7-12
ALOKASI
WAKTU : 12 X 40 menit
STANDAR
KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri
melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI
DASAR : 2.2 Membuat karya seni kriya tekstil
dengan teknik dan corak seni
rupa terapan nusantara.
INDIKATOR :
1.
Membuat pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2.
Membatik tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3.
Mewarnai kain batik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Membuat pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2.
Membatik tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3.
Mewarnai kain batik
B. Materi Ajar
·
Konsep batik
·
Bahan, alat, dan teknik membatik
·
Langkah-langkah membatik
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL :
Pemberian tugas, praktek.
D. Langkah Kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Motivasi dan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
·
Membaca buku teks tentang karya seni membatik.
·
Melihat demonstrasi/tayangan teknik membatik.
·
Praktek membatik sesuai dengan
langkah-langkahnya
c.
Penutup
·
Menunjukkan karya batik buatan siswa yang
berhasil baik
E. Sumber Belajar
- Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
- Kain mori, lilin, pewarna, canting, wajan, dan kompor,
F. PENILAIAN
Teknik : Tes unjuk
kerja
Bentuk
instrumen : Uji prosedur dan produk
Instrumen :
1. Buatlah pola batik pada kain mori
berdasarkan desainnya!
2. Buatlah batik tulis dengan bahan
lilin dan alat canting!
3.
Warnailah kain yang telah dibatik!
Contoh lembar
penilaian hasil karya seni rupa batik
Aspek-aspek yang
dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|
|
|
|
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
Teknik / bentuk
|
|
|
|
|
|
Karakteristik
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5
= sangat baik
Guru
Pamong Guru PPL
Ermayuli Husnul
khatimi
Nip:19810312200801015
Mengetahui
Kepala sekolah
Dra.Zuraida
Nip:196807241998022001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar