Selamat Datang di Anedt.blogspot.com

Senin, 21 Mei 2012

Pengenalan Komponen Komputer

Hard ware
Pengertian dari hardware atau  dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Software
Sedangkan Software / perangkat lunak,  adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
BRAINWARE :
Brainware adalah unsure dimana yang berasal dari akal manusia .Maksudnya, bila tidak ada manusia computer tidak bisa digunakan.
BRAINWARE : orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan .
Sistem operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Virus
Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita. 1. Jangan menggunakan disket atau sebarang storan yang tidak diketahui puncanya. Jangan menggunakan disket atau penyimpanan yang tidak diketahui penyebabnya.
Disket yang tidak diketahui tersebut mungkin telah tercemar dengan virus. Disket yang tidak diketahui tersebut mungkin telah tercemar dengan virus. Amalan write-protect disket hendaklah dilakukan selalu bagi mempastikan virus tidak dapat menulis dirinya kedalam disket tersebut. Praktek write-protect disket hendaklah dilakukan selalu untuk memastikan virus tidak dapat menulis dirinya kedalam disket tersebut.

2. 2. Jangan sesekali menggunakan perisian cetak rompak (pirated copy) Jangan pernah menggunakan perangkat lunak cetak rompak (pirated copy)
Perisian cetak rompak lazimnya ialah perangkap penulis virus. Perangkat Lunak cetak rompak lazimnya ialah perangkap penulis virus. Perisian sebenar yang telah dimodifikasi dengan memasukkan virus ini lazimnya dijual dengan harga yang amat murah. Perangkat lunak asli yang telah dimodifikasi dengan memasukkan virus ini lazimnya dijual dengan harga yang sangat murah.

3. 3. Jangan membuka emel yang mempunyai attachment Jangan membuka email yang memiliki attachment
Teknologi internet telah dipergunakan sepenuhnya oleh penulis virus. Teknologi internet telah dipergunakan sepenuhnya oleh penulis virus. Virus kini mampu disebarkan melalui pembacaan emel yang telah tercemar. Virus kini mampu disebarkan melalui pembacaan email yang telah tercemar. Kebanyakan emel ini akan mengandungi fail attachment. Kebanyakan email ini akan berisi file attachment. Kadang-kala ia tetap mengandungi virus walaupun dihantar oleh orang yang anda kenali. Sesekali ia tetap mengandung virus walaupun dikirim oleh orang yang Anda kenal.
Pastikan anda menelefon kenalan anda, bagi mempastikan adakah beliau benar-benar telah menghantar emel yang mengandungi fail attachment kepada anda. Pastikan Anda menelepon kontak Anda, untuk memastikan apakah ia benar-benar telah mengirim email yang berisi file attachment ke Anda.
Antara virus yang menggunakan teknologi ini ialah ; Antara virus yang menggunakan teknologi ini adalah;
Anna Kournikova, Sircam, Code Red, Nimda dan ILoveYou. Anna Kournikova, Sircam, Code Red, Nimda dan ILoveYou.

4. 4. Gunakan Perisian Anti-Virus. Gunakan Software Anti-Virus.
Perisian anti-virus ialah perisian utiliti untuk mengesan dan memusnahkan virus. Perangkat lunak anti-virus adalah perangkat lunak utilitas untuk mendeteksi dan menghancurkan virus. Terdapat perisian ini yang boleh didapati secara percuma di Internet antaranya ; Ada perangkat lunak ini yang tersedia secara gratis di Internet antaranya;
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar